Minggu, 28 Desember 2014

Mengupas isi PT BISI International Tbk

Pada kesempatan kali ini, saya akan mengajak teman teman blogger untuk mengupas isi dari PT BISI International Tbk. Mungkin sebagian dari kita masih asing dengan salah satu perusahaan yang terbesar di Indonesia ini. Ya, untuk itu saya akan memperkenalkannya pada kalian semua :D hehehee

Didirikan pada tahun 1983, PT BISI International Tbk merupakan produsen benih hibrida untuk jagung, padi, buah-buahan dan sayuran yang terbesar di Indonesi, dan juga produsen besar pestisida dan distributor pupuk. Kantor pusat berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur denga pabrik yang berlokasi di Desa Sumber Agung, Kediri, Jawa Timur.

Perusahaan ini didirikan oleh Charoen Pokphand Group, dan memiliki track record operasi lebih dari 25 tahun. Saat ini, BISI mempertahankan jejak operasional nasional untuk penelitian dan pengembangan, produksi, pemasaran, distribusi dan penjualan.

BISI memiliki tiga anak perusahaan, PT Multi Sarana Indotani (MSI) yang memproduksi pestisida, PT Tanindo Subur Prima (TSP) yang mendistribusikan dan memasarkan benih hortikultura impor dan PT Tanindo Intertraco (Tinco) yang mendistribusikan dan memasarkan produk-produk dari MSI dan perusahaan.

Bisi dan anak perusahaan memfokuskan operasi mereka dalam kegiatan usaha sebagai berikut :
  • Produksi lapangan utama benih hibridasi tanaman yang meliputi jagung hibrida dan benih padi yang menyediakan petani dengan hasil yang jauh lebih baik.
  • Produksi benih hortikultura yang meliputi sayuran dan biji buah seperti : cabai, mentimun, terung, labu, kol, kubis Cina, kacang panjang, bayam, melon, semangka dan lain-lain.
  • Produksi pestisida serta penjualan pupuk khusus.
Kepemimpinan BISI di pasar benih Indonesia didorong oleh inisiatif R&D yang kuat yang telah menghasilkan benih hibrida berkualitas tinggi dipercaya oleh petani Indonesia selama lebih dari dua dekade.

Lebih lanjut lagi, saya juga akan memperkenalkan managemen team dari PT BISI International Tbk, sebagai berikut :

  • President Director : Jemmy Eka Putra
  • Director : Sunardi
  • Director : Setiadi Setiokusumo
  • Director : Putu Darsana
  • Director : Joseph Suprijanto
  • President Commissioner : Jialipto Jiaravanon
  • Commissioner : Thomas Effendy
  • Independent Commissioner : Burhan Hidayat
Struktur Organisasi


Sebagai sebuah organisasi, BISI merupakan sebuah alat bagi pencapaian tujuan dan alat bagi pengelompokan. Bagaimana agar tujuan dapat tercapai? Maka dibutuhkan pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja sama dalam organisasi tersebut dapat dilaksanakan dengan baik sehingga tercapai tujuan secara efisien.

Adapun usaha-usaha yang dilakukan BISI untuk mencapai tujuannya, sebagai berikut :
  • Menjalankan usaha dalam bidang perdagangan pada umumnya, termasuk ekspor, impor, grosir, pemasok dan distributor dari segala macam barang yang dapat diperdagangkan, baik atas penjualan langsung maupun melalui pihak ketiga dengan cara komisi.
  • Menjalankan usaha dalam bidang industri pada umumnya, diantaranya industri pakan ternak dan peternakan.
  • Menjalankan usaha dalam bidang pertanian, termasuk di dalamnya usaha pembibitan dan pembenihan tanaman pangan dan tanaman lainnya pada umumnya, perkebunan dan peternakan.
  • Menjalankan usaha dalam bidang pengangkutan di darat seperti ekspedisi dan pergudangan untuk menunjang usaha perdagangan tersebut.
  • Menjadi agen dari perusahaan lain baik dari dalam maupun luar negri.
  • Menjalankan usaha dalam bidang jasa, kecuali jasa di bidang hukum dan pajak. Produk utama yang dihasilkan oleh BISI adalah benih jagung, benih hortikultura, benih padi dan pestisida.

Secara garis besar organisasi memiliki tiga unsur yaitu orang-orang, kerjasama dan tujuan bersama-sama. Ketiga unsur tersebut saling berhubungan dan merupakan satu kesatuan. BISI dan anak perusahaan berfokus pada tujuan produksi benih hibrida untuk jagung, padi dan hortikultura dan memproduksi pestisida. 

Dari sudut pandang teori organisasi, BISI dikategorikan dalam Teori Organisasi Klasik. Dalam teori organisasi ini organisasi digambarkan sebuah lembaga yang tersentralisasi dan tugas-tugasnya terspesialisasi serta memberikan petunjuk mekanistik struktural yang kaku. 

BISI digambarkan seperti toet piano dimana masing-masing nada mempunyai spesialisasi (do.. re.. mi.. fa.. so.. la.. si..) dimana bila tiap nada dirangkai maka akan tercipta lagu yang indah, begitu juga dengan organisasinya. 

Dapat disimpulkan bahwa, PT BISI International Tbk merupakan organisasi niaga karena memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar besarnya. BISI berakar kukuh dan didorong oleh tujuan bersama yaitu untuk melayani petani Indonesia, besar dan kecil, dengan menyediakan akses mudah dan terjangkau untuk menghasilkan tanaman pangan hibrida tinggi dan benih hortikultura, bahan kimia pertanian yang diformulasikan secara cermat dan keterampilan agronomi terbaru dan keahlian untuk memastikan panen yang optimal.

Kekuatan BISI dalam penelitian dan pengembangan, produksi, distribusi pemasaran dan penjualan, memberikan posisi terbaik untuk memanfaatkan banyak peluang di industri benih Indonesia. Dengan visinya untuk menghidupi pertumbuhan dunia, BISI telah mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia sejak Mei 2007.

Sumber :
http://www.bisi.co.id/businessprofile.php?locks=about
http://www.bisi.co.id/managementteam.php?locks=about
http://www.bisi.co.id/financialreport.php?locks=investor


0 komentar :

Posting Komentar

 

Super Sekar Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon and Edited by Sekar Stuti Ratridiwasa for Free Blogger Template